Pengenalan COBOL


Sekilas tentang program COBOL.

COBOL adalah kepanjangan dari Common Bussiness Oriented Language. Bahasa COBOL digolongkan sebagai High Level Language (bahasa pemrograman tingkat tinggi) yang berorientasi  pada masalah bisnis. Diciptakan pada tahun 1959.

COBOL pertama kali diperkenalkan secara formal bulan Januari 1960 dan disebut dengan COBOL-60. Dan diperbaharui tahun 1965. Pada tahun 1968 dan 1974, bahasa COBOL dikembangkan dan distandarisasikan dengan  nama ANSI  COBOL (American National Standarts Institute).

Bahasa pemrograman COBOL sangat terstruktur, karena mudah dibaca dan memiliki struktur yang jelas.

COBOL dibuat untuk operasi pengolahan data, yaitu membaca data, memproses data dan menghasilkan output berupa informasi.

Dasar-dasar COBOL.

Untuk membuat program COBOL yang baik dan benar, minimal anda harus menguasai atau mengetahui beberapa hal berikut :

Cara penulisan.

Kolom maksimal yang disediakan program COBOL adalah kolom 1 sampai 80, dengan ketentuan sebagai berikut :

Kolom 1-6      :digunakan untuk line number (optional) ditulis dari kecil ke besar.

Kolom 7         :digunakan untuk melanjutkan baris sebelumnya dengan menambahkan tanda (-) dan baris sambungannya ditulis di area B. ( Bila diisi (*) maka yang ditulis pada baris ini dianggap komentar )

Kolom 8-11  :disebut dengan area A. untuk menulis divisi, section, nama paragraph, judul file description (FD), level number 01 dan level number 77.

Kolom 12-72 :disebut area B. untuk menulis elemen program selain yang  ditulis di area A.

Kolom 73-80 :kolom ini tidak akan diproses oleh program jadi data diisi     catatan atau curahan hati untuk dokumentasi.

Beberapa hal lagi yang anda harus perhatikan tentang penulisan yaitu penggunaan titik dan spasi. Bahasa pemrogram COBOL sangat sangat ketat tentang peraturan penulisan, pastikan anda memberikan tanda titik (.) setelah nama divisi, section, paragraph atau baris instruksi dan spasi (space) untuk pemisah antara COBOL RESERVED WORDS dengan variable atau string.

Kedua hal tadi kelihatan sepele tapi jika program yang anda buat panjang nya sampai puluhan baris hal ini mungkin dapat membuat anda frustasi. Karena akan menyebabkan pesan kesalahan yang memusingkan kepala.

Struktur Program Cobol.

Struktur utama program COBOL terdiri dari 4 divisi utama yaitu :

  1. IDENTIFICATION DIVISION.
  2. ENVIRONMENT DIVISION.
  3. DATA DIVISION.
  4. PROCEDURE DIVISION.

Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk setiap divisi :

+ IDENTIFICATION DIVISION.

Dari nama divisi-nya kita dapat menyimpulkan kegunaan dari divisi ini yaitu sebagai identifikasi program COBOL yang kita buat misalnya nama pembuat (AUTHOR) dan nama program (PROGRAM-ID).

Contoh :

IDENTIFICATION DIVISION.

PROGRAM-ID. CONTOH.

AUTHOR. SAYA.

+ ENVIRONMENT DIVISION.

Divisi ini berguna untuk memberikan informasi peralatan yang digunakan  dalam program, dibagi menjadi 2 section yaitu CONFIGURATION SECTION dan INPUT-OUTPUT SECTION. CONFIGURATION  SECTION   bersifat optional (boleh tidak ditulis) yang berisi tentang peralatan hardware yang digunakan program.

INPUT-OUTPUT SECTION, section ini digunakan untuk operasi file (akan dijelaskan kemudian). Contoh :

ENVIRONMENT DIVISION. CONFIGURATION SECTION. SOURCE-COMPUTER. IBM-PC. OBJECT-COMPUTER. IBM-PC.

+ DATA DIVISION.

Divisi ini berguna untuk mendeskripsikan variable-variabel dan jenis tipe data yang digunakan dalam program COBOL. Divisi ini memiliki 5 section yaitu:

1. FILE SECTION.

2. WORKING-STORAGE SECTION.

3. SCREEN SECTION.

4. LINKAGE SECTION.

5. REPORT SECTION.

Diantara 5 section yang disebutkan diatas yang paling sering digunakan adalah WORKING-STORAGE SECTION, SCREEN SECTION dan FILE SECTION.

WORKING-STORAGE SECTION  digunakan        untuk mendeklarasikan variable dan tipe data yang digunakan dalam program COBOL. SCREEN SECTION  digunakan untuk menentukan format layar tampilan baik input atau output. Dan FILE SECTION berguna untuk operasi file (akan dijelaskan kemudian).

Contoh :

DATA DIVISION.

WORKING-STORAGE SECTION.

01 MASUKAN.

02 NAMA PIC X(20).

02 NPM PIC X(8). SCREEN SECTION.

01 HAPUS-LAYAR.

02 BLANK SCREEN.

+ PROCEDURE DIVISION.

Divisi ini merupakan inti dari bahasa pemrograman COBOL karena pada divisi inilah semua statement instruksi dibuat. Misalnya DISPLAY, ACCEPT dan STOP RUN. DISPLAY di gunakan untuk output, ACCEPT untuk menerima input dan STOP RUN untuk menghentikan proses program.

 Section-section pada masing-masing Division

Section pada program COBOL dimulai pada Environtment Division

1. Section pada Environment Division.

Adalah divisi kedua dari program COBOL yang berguna untuk menyediakan informasi tentang peralatan yang dipergunakan  oleh program COBOL yang dbuat.. Dibagi menjadi 2 divisi yaitu :

1. CONFIGURATION SECTION

2. INPUT-OUTPUT SECTION.

Sedangkan bentuk umumnya adalah :

EVIRONMENT DIVISION.

CONFIGURATION SECTION.

SOURCE-COMPUTER. nama – komputer. OBJECT-COMPUTER. nama komputer. SPECIAL-NAMES.

PRINTER IS

CURRENCY SIGN IS karakter. DECIMAL-POINTS IS COMMA.

INPUT-OUTPUT SECTION. FILE-CONTROL

{file control entry}

1.1. Configuration Section.

Pada seksi ini digunakan untuk menuliskan informasi tentang jenis komputer yang digunakan dalam pembuatan program.

– SOURCE-COMPUTER adalah nama komputer yang digunakan untuk mengkompilasi program COBOL yang anda buat. Ditulis di area A.

– OBJECT-COMPUTER adalah nama komputer yang digunakan untuk menjalankan atau mengeksekusi program COBOL yang anda buat. Ditulis di area A.

– SPECIAL-NAMES.

Bersifat  optional  (bisa  dicamtumkan  atau  tidak),  digunakan  untuk membuat nama pengganti menurut programmer

1.2 Input-output Section.

Seksi ini digunakan bila anda akan menggunakan file ( akan dibahas lebih lanjut dalam operasi file).

Bentuk umum adalah :

INPUT-OUTPUT SECTION. FILE-CONTROL.

{ file-control entry }.

2. Section pada Data Division.

Adalah divisi yang ketiga   dari   empat   divisi  di  dalam bahasa pemrograman COBOL. Divisi  ini  berguna  untuk  mendeklarasikan  data input maupun output, tentang bagaimana jenis data yang digunakan dan sifat dari data tersebut. Dibagi menjadi 5 divisi yaitu :

1. FILE SECTION.

2. WORKING-STORAGE SECTION.

3. SCREEN SECTION.

4. LINKAGE SECTION.

5. REPORT SECTION.

2.1. FILE SECTION.

Section        ini        digunakan        untuk        menjelaskan        semua        keterangan mengenai file-file yang dipakai didalam program (akan dijelaskan di operasi file).

2.2. WORKING-STORAGE SECTION.

Section ini adalah section yang paling penting dari semua section pada DATA DIVISION   karena pada section ini kita mendeklarasikan semua variable dan jenis tipe data yang nantinya akan kita gunakan pada PROCEDURE DIVISION. Untuk sekedar review, anda dapat menulis level number dan picture karakter pada section ini.

Terdapat 2 jenis data yaitu data item individu ditulis dengan level number 77 sedangkan group data item dinyatakan dengan level number 01 untuk nama record dan 02 sampai 49 untuk deskripsi record.

2.3. SCREEN SECTION.

Section ini berguna untuk mengatur bentuk format dari layar input maupun  output. Pada section ini juga anda dapat menuliskan level number, tetapi hanya level number 01 sampai 49 saja yang dapat digunakan, sedangkan level number 77 hanya dapat ditulis di WORKING- STORAGE  SECTION. SCREEN SECTION berhubungan dengan statement DISPLAY dan ACCEPT pada PROCEDURE DIVISION. Berikut ini beberapa perintah display formatting pada SCREEN SECTION.

LINE clause untuk menempatkan kursor pada baris yang ditentukan. COLUMN clause untuk menempatkan kursor pada kolom yang ditentukan.

This entry was posted in COBOL. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s