Wi-Fi sebagai solusi berinternet murah


 Dewasa ini kebutuhan masyarakat terhadap internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari. Internet sebagai sarana pertukaran informasi menjadi kian peopuler karena banyaknya kelebihan yang didapat oleh para penggunanya. Berkembangnya teknologi internet diiringi dengan semakin berkembang pula sara pendukungnya, mulai dari PC, modem, hingga provider penyedia sarana internet yang berlomba-lomba menawarkan internet dengan kecepatan tinggi.

Salah satu teknologi pendukung internet yang marak saat ini adalah Wi-Fi. Pada awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan jaringan area lokal (LAN), tetapi saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses. Hai ini memungkinkan seseorang dengan dan kartu nirkabel (wireless card) atau (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan sebutan hotspot) terdekat. Secara teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat (wireless local network). Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja dijaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas kapasitas inter-operasi yang disyaratkan.

Para pengusaha pun kini jeli melirik pasar tersebut. Sekarang Anda dapat dengan mudah menemui berbagai macam tempat dengan fasilitas wi-fi (hotspot). Tempat-tempat ini dapat digunakan sebagai sarana untuk menarik minat para konsumen. Sekarang Anda lihat banyak sekali kafe maupun mall yang memasang fasilitas hotspot ditempat mereka. Sehingga selain dapat bersantai dengan keluarga dan berbincang-bincang dengan rekan bisnis, mereka pun sekaligus dapat memanfaatkan akses gratis ini untuk mengakses informasi penting yang membutuhkan fasilitas internet pada saat itu juga. Pemanfaatan teknologi wi-fi ini tak semata-mata hanya untuk pengguna publik seperti kafe, restoran, hotel, bandara dan lainnya. Melainkan, banyak juga penggunaan untuk kepentingan korporasi. Belakangan teknologi yang sama juga diterapkan di rumah-rumah sakit, industri manufaktur, dan industri lainnya.

Dengan adanya teknologi wi-fi ini diharapkan akan semakin memudahkan para penggunanya, baik untuk kepentingan individu maupun perusahaan dalam beraktivitas sehingga kebutuhan akan informasi mpun efektivitas dan efisiensi kerja dapat tercapai dengan baik.

Tips

Empat jurus menggunakan WI-Fi di tempat umum :

1. Pilihlah tempat yang anda rasa nyaman, baik suasana maupun pelayanannya.

2. Pastikan spesifikasi media (notebook dan netbook) anda mendukung untuk menggunakan fasilitas wi-fi. Semakin baik spesifikasi, maka akan semakin mendukung kecepatan koneksi internetnya.

3. Ada banyak tempat yang menyediakan fasilitas hotspot, namun tidak semua memiliki kecepatan yang baik. Tanya orang-orang terdekat yang terbiasa browsing di tempat umum, dimana tempat yang memiliki koneksi dan kecepatan yang baik.

4. Pada umumnya, pada saat on-line anda dapat menghabiskan waktu berjam-jam, maka buatlah batasan waktu berapa lama anda akan menggunakan fasilitas wi-fi tersebut. Sehingga anda tidak lupa untuk melakukan aktifitas yang lain.

This entry was posted in NEWS. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s