Teknologi Speech Recognition


Sebelumnya  yang dimaksud dalam Speech Recognition adalah sebuah teknologi komputer yang mengutilisasi audio input untuk memasukkan data atau perintah dibandingkan dengan menggunakan keyboard atau alat input lainnya. Speech Recognition software dirancang dengan sebuah internal database dari kata atau phrase yang dapat dikenal. Program akan dijalankan sesuai dengan audio signature dari speech yang menggunakan corresponding entries didalam database.

Penerapannya

Penerapan dari Speech recognition ini dapat dilihat dari adanya sebuah aplikasi ‘Yooi’ yaitu aplikasi berbasis smartphone Android untuk menulis SMS menggunakan suara. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menulis dan mengirim SMS menggunakan suara, tanpa perlu mengetik dengan keyboard. Yooi di desain khusus untuk pengguna yang berbahasa Indonesia. Yooi mampu mengenali suara penggunanya kemudian ditampilkan ke dalam bentuk teks tanpa harus terhubung koneksi Internet (offline). Mengingat keterbatasan memory smartphone, maka Yooi difokuskan untuk mengenali hanya sekitar seratusan kalimat yang sering digunakan pada kondisi darurat, misalkan ketika pengguna sedang mengendarai kendaraan, di terminal, dan tempat umum lainnya. Contoh kalimatnya : “Mohon maaf, saya sedang di jalan.”, “Tunggu sebentar.”, “Sorry, gue lagi nyetir.”,  “10 menit lagi ya.”, “Nanti aku telpon.”, dan sebagainya.

Sepintas, aplikasi itu mirip dengan teknologi pengenal suara Apple iPhone Siri. Perbedaanya, iPhone Siri harus tetap terhubung online ke server Apple sedangkan aplikasi Yooi langsung tertanam pada perangkat. Salah satu kelebihan aplikasi Yooi ini adalah kemampuannya untuk menangkap kosakata bahasa daerah seperti bahasa Jawa, Batak, Tegal, Betawi dan tentu saja bahasa Indonesia.

Aplikasi Yooi ini juga memiliki kelemahan, yaitu tidak mendukung bahasa asing seperti bahasa Inggris. Selain itu, daftar kosakata yang didukung oleh aplikasi Yooi ini juga masih terbatas.

Agar fitur pendiktean SMS bisa bekerja, anda harus download file pelengkapnya di http://www.yooi.us

Fitur Yooi:
– Perintah mengetik dan mengirim SMS menggunakan suara. Cukup ucapkan ‘kirimkan’ atau ‘kirimkan pesan’ untuk mengirimkan sebuah SMS

– Bekerja secara offline dan tidak memerlukan koneksi internet sehingga pengguna tidak perlu khawatir kehabisan pulsa untuk akses data

– Menyediakan template pesan untuk SMS lebaran (idul fitri)

– Pengaturan keadaan lingkungan pengguna, bising atau sunyi dengan durasi bicara yang cepat atau lambat

– Pengaturan ukuran kosakata, kecil hingga sangat besar, sesuai dengan spesifikasi smartphone. Kosakata kecil bisa mengenali 100-an kata, sedang untuk 200-an kata, besar untuk 300-an kata.

– Singkatan dan Simbolisasi. Kata “lagi” disingkat “lg”. Emoticon-senyum disimbolkan “:-)”. Anda bisa melihat dan meng-update singkatan dan simbol yang terdapat pada file Yooi.sym yang terletak pada folder Yooi.

Sumber : androidzoom.com

This entry was posted in SOFTSKILL. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s