Review Jurnal


Review Jurnal

Aplikasi Location Based Service untuk Sistem

Informasi Publikasi Acara pada Platform Android

..

Juwita Imaniar1, Arifin ST. MT 2, Ahmad Subhan Khalilullah 2

1 Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Jurusan Teknik Telekomunikasi

2Dosen Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, , Jurusan Teknik Telekomunikasi

Kampus ITS, Surabaya 60111

  1. Pendahuluan

Sebelum membahas lebih jauh cara bagaimana aplikasi ini dibuat terlebih dahulu akan diterangkan tentang latar belakang masalah yang muncul, tujuan dari penelitian ini dan lain sebagainya.

Publikasi merupakan bentuk dari promosi yang memiliki peran penting terhadap sukses atau tidaknya sebuah acara. Publikasi di tujukan sebagai sarana penyampaian informasi sebuah acara agar di ketahui. Saat ini, publikasi merupakan salah satu alat pemasaran yang banyak dipergunakan. Untuk itu di perlukan cara publikasi yang efektif sehingga tepat sasaran.

Aplikasi tersebut dapat menampilkan secara otomotis pemberitahuan tentang informasi publikasi acara yang ada sesuai dengan posisi pengguna. Aplikasi ini juga menyediakan pilihan untuk menampilkan peta yang di ambil dari layanan GoogleMap sehingga dapat menunjukkan jalan menuju ke tempat acara tersebut berlangsung dari tempat pengguna berada. Sedangkan program tersebut akan mengmbil informasi publikasi acara dari server yang memiliki database penyimpanan.

2.  Location Base Service di Android

Android merupakan suatu software yang digunakan pada mobile device yang meliputi Sistem Operasi. Android sudah dapat menggunakan LBS atau Location Base Service yang didukung oleh fasilitas dari Google Map.

Layanan Berbasis lokasi sendiri ialah layanan informasi yang dapat diakses melalui mobile device dengan mengunakan mobile network, yang dilengkapi kemampuan untuk memanfaatkan lokasi dari mobile device tersebut. LBS memberikan kemungkinan komunikasi dan interaksi dua arah. Layanan berbasis lokasi dapat digambarkan sebagai suatu layanan yang berada pada pertemuan tiga teknologi yaitu : Geographic Information System, Internet Service, dan Mobile Devices, hal ini dapat dilihat pada gambar LBS adalah pertemuan dari tiga teknologi.

gambar 1

Dalam Layanan Berbasis Lokasi terdapat Lima komponen penting yaitu meliputi:

1) Mobile Devices: Suatu alat yang digunakan oleh pengguna untuk meminta informasi yang dibutuhkan. Informasi dapat diberikan dalam bentuk suara, gambar, dan text.

2) Comunication Network: Komponen kedua adalah jaringan komunikasi yang mengirim data pengguna dan informasi yang diminta dari mobile terminal ke Service Provider kemudian mengirimkan kembali informasi yang diminta ke pengguna. Communication network dapat berupa jaringan seluler (GSM, CDMA), Wireless Local Area Network (WLAN), atau Wireless Wide Area Network (WWAN)

3)Positioning Component: Untuk memproses suatu layanan maka posisi pengguna harus diketahui

4) Service and Aplication Provider: Penyedia layanan menawarkan berbagai macam layanan kepada pengguna dan bertanggung jawab untuk memproses informasi yang diminta oleh pengguna.

5) Data and Content Provider: Penyedia layanan tidak selalu menyimpan semua data yang dibutuhkan yang bisa diakses oleh pengguna. Untuk itu, data dapat diminta dari data and content provider.

3. Perancangan Sistem

Perancangan sitem meliputi perancangan sistem sisi client, perancangan sistem sisi server dan perancangan database. Perancangan system sisi client adalah dengan membuat tampilan pada handphone berupa menu-menu dan inputan untuk dapat memilih mengakses aplikasi melalui jaringan GPRS.

Sedangkan perancangan sisi server, hanya di perlukan sebagai tempat untuk mengakses database yang di letakkan pada server. Untuk perancangan database, berisi mengenai data- data acara yang ada untuk di akses client.

Berikut Gambaran Alur Program :

gambar 2

Penjelasan Alur Program :

Setelah aplikasi ini diaktifkan maka program akan secara otomatis mencari posisi pengguna berada. Setelah diketahui posisi pengguna maka data posisi tersebut akan dikirim ke server untuk ditampilkan database acara – acara (events) apa saja yang ada disekitar pengguna berada.  Aplikasi ini akan menampilkan daftar acara – acara yang akan atau sedang berlangsung, adapun yang ditampilkan dapat berupa informasi seputar acara tersebut hingga lokasi acara tersebut yang ditampilkan kedalam sebuah peta. Hal ini agar memudahkan pengguna dalam menuju ke acara tersebut.

gambar 3

4. Uji Coba Alikasi

Sistem ini di uji 175 kali yang didapat dari 25 titik yang diambil secara acak pada 7 kota besar di wilayah Jawa Timur maka di ketahui bahwa sistem dapat mendeteksi kota sesuai letak pengguna berada telah berhasil teruji. Berikut rekapitulasi hasil pengujian akan ditampilkan pada tabel 1 dan tabel 2 yang menjelaskan penyebab saat kondisi gagal.

Berikut perincian hasil uji coba aplikasi :

gambar 4

5. Kesimpulan

Setelah dilakukan serangkaian pengujian terhadap aplikasi yang dibangun maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

1) Aplikasi ini memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mengetahui informasi publikasi acara dan menuju lokasi acara dengan menggunakan map.

2) Aplikasi harus selalu berjalan dengan koneksi internet. Untuk mengakses informasi ataupun untuk mengetahui posisi pengguna.

3) Aplikasi berhasil mengambil nilai longitude latitude sebagai akurasi lokasi pengguna berada.

4) Informasi berupa data publikasi acara dapat di petakan sesuai dengan lokasi kota pengguna berada.

5) Kecepatan untuk mendapatkan posisi kota bergantung pada kecepatan akses Internet. Rata-rata 2.19 detik berjalan di emulator.

6) Kecepatan untuk mengakses informasi dari database server bergantung pada kecepatan akses Internet.

7) Aplikasi hanya diterapkan pada emulator dan server lokal pada PC.

This entry was posted in SOFTSKILL. Bookmark the permalink.

One Response to Review Jurnal

  1. udin says:

    gann mntak tolng jurnal aslix donkk..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s